Laman

Minggu, 25 September 2011

Prakata

Bismillahirrohmanirrohim,

Orang-orang yang tidak adil amatlah banyak, dan besarpula  kekuatannya. Tugas yang hendak dicapai para pejuang kebenaran amat berat dan berbahaya. Seraya  mengatakan pada orang-orang agar jangan menjadi penindas atau tertindas, hendaknya tidak ada orang yang menindas orang lain dan tak seorang pun boleh mentolerir penindasan. Demikianlah kata-kata Sayyidina Ali bn Abi tolib membekali para pembela kebenaran.

Namun orang-orang di zaman ini belum siap menerima pandangan Imam Ali ini dan  enggan mendukung cita-citanya. Keadaan yang ada didepan mata sedemikian rupa sehingga para penindas sangat banyak ditemukan dimana-mana. Sedangkan banyak orang-orang tertindas diam seribu bahasa tidak memiliki keberanian untuk berontak karena mereka begitu takut oleh para penindas dan takut akan perdaya mereka.

Barangkali inilah yang mengilhami keberadaan sebuah wadah aspirasi di wilayah Kecamatan Taraju. Saat ini telah terbentuk sebuah forum yang membawa visi dan misi pencerahan melalui penyebaran informasi. Forum Taraju Rempug (FTR) satu komonitas produk masyarakat yang masih memiliki kepekaan sosial. Sekalipun mungkin sangat kecil. Tapi,… kesatuan rasa kepekaan yang sedikit ini jika di satukan akan menjadi sebuah kepekaan yang besar karena dibentuk dalam komunitas yang sama, mengarah kesebuah cita-cita mulia yaitu kepedulian sosial dan penegakan keadilan.

Kebodohan hakikatnya karena nihilnya informasi, sedangkan kebalikannya ialah al-ilm ( B. Arab) mungkin bisa diartikan tahu atau. Orang akan bisa tahu setelah mendapat informasi, baik secara disengaja dalam arti belajar atau melalui kabar. Dan oarang pintar itu adalah mereka yang banyak tahu kata lainnya banyak pengetahuannya. 
Orang bodoh tidak sama dengan orang pintar, karena kata Allah orang pintar akan diangkat derajatnya ketempat yang tinggi. Ketika manusia sudah berada di tempat yang tingi ini, dia akan menjadi muliya. Pada status ini -insya Alloh- dia tidak akan mau dibodohi,

Niat baik memberi pencerahan kepada masyarakat sebagai tujuan forum ini diupayakan agar bisa terjaga dari pengaruh yang tidak baik, karena itu komonitas ini mencoba mendisiplinkan diri untuk memiliki prinsip propesional dan proporsional, selalu introspeksi dan evaluasi kepada diri dan komonitas, mengedepankan kepentingan umum berdiri pada posisi yang bebas yaitu diatas dan untuk semua golongan dan masyarakat., beretika dan berakhlaq dalam bertutur dan bertindak, solid dalam organisasi dan tidak pernah lelah memperjuangkan kebenaran.

Dalam prakteknya forum ini akan bersama-sama dengan  masyaraka menjadi pelaku penuntut kebenaran dan keadilan, berjuang melaksanakan kewajiban dan menuntut hak bila terjadi tindakan pembodohan baik yang sengaja ataupun tidak. Demikian pula Forum ini akan menjadi mitra pemilik kewenangan menjalankan tugas dan kebijakannya, sekaligus menjadi korektor dan pemberi peringatan untuk segala jenis prilaku pelanggaran hukum.

Kebersamaan dalam memperjuangkan kebenaran adalah kekuatan besar. Tapi akan mengecil pada saat tidak berada dalam satu barisan, dan akan tercerai bila tidak dalam satu komando. Maka rapatkan barisan dan langkahkan dalam satu komando. Forum Taraju Rempug siap menjadi pelopor. (by Admin1 )

0 komentar:

Posting Komentar